Kamis, 16 Januari 2014

Tugas Tahap Perkuliahan Ke 30 - Menambahkan data pada database MySQL dalam Pemrograman Java

-

Tugas Tahap Perkuliahan Ke 29 - Koneksi Database MySQL dalam Pemrograman Java

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Bima Laksana Putra
No. Registrasi
:
1111061302
Alamat email
:
Werkudara94@gmail.com
Opsi
:
TKJ (Rekayasa Perangkat Lunak / RPL)
Tahap Perkuliahan ke-
:
29
USBJJ
:
Seamolec

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Membuat video tentang cara menghubungkan antara database MySQL dan Program Java
  2. Membuat Laporan aktivitas belajar.
  3. Mempelajari tutorial bahasa pemrograman JAVA.
  4. Mencoba untuk membuat program sederhana dengan bahasa pemrograman JAVA.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Membuat program sederhana dengan bahasa pemrograman JAVA.
  2. Mempelajari tutorial bahasa pemrograman JAVA.
  3. Mengerjakan Simulasi Digital.
  4. Melakukan posting pada blog.
  5. Mempelajari MIT AppInventor.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan :
Ke-29 – Membuat video tentang cara menghubungkan antara database MySQL dan Program Java

Untuk persiapannya kita perlu menyiapkan Mysql-connector. Bagi yang tidak punya bisa download di situs resminya di dev.mysql.com, untuk downloadnya kalian harus sign up dulu.

Netbeans juga sudah menyediakan Mysql-connector kalian bisa buka di libraynya dengan nama MYSQL JDBC Driver.
String driver = "com.mysql.jdbc.Driver";
String url = "jdbc:mysql://localhost:3306/db_koneksi";
String user = "root"; // user mysql anda
String pass = ""; // passowrd mysql



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Screenshots video tentang cara menghubungkan antara database MySQL dan Program Java
 Gambar Kode pembuatan koneksi ke database MySql

Gambar Hasil Koneki Berhasil




Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Pada video ini berisi tentang cara menghubungkan antara database MySQL dan Program Java
Melakukan instalasi XAMPP sebagai server dan melakukan pembuatan database dengan mysql phpmyadmin.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Video tentang menjelaskan proses pembuatan aplikasi Java GUI dengan kosep aplikasi Koversi Suhu.











Tahap Perkuliahan Ke 30 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 29 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 28 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 27 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 26 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 25 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 24 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 23 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 22 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 21 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tahap Perkuliahan Ke 20 - Miftachur Rizqi Abdillah

Tugas Tahap Perkuliahan Ke 15 - Membuat Aplikasi Kort Gitar dan Katalog Mahabaratha pada Pemrograman Windows Phone

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Bima Laksana Putra
No. Registrasi
:
1111061302
Alamat email
:
Werkudara94@gmail.com
Opsi
:
TKJ (Rekayasa Perangkat Lunak / RPL)
Tahap Perkuliahan ke-
:
16
USBJJ
:
Seamolec

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Membuat video tentang cara membuat aplikasi Windows Phone.
  2. Membuat Laporan aktivitas belajar.
  3. Memahami dasar – dasar pemrograman Windows Phone.
  4. Mempelajari tutorial dan membuat project Windows Phone.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Melanjutkan beberapa project android programing.
  2. Membuat soal simulasi digital untuk workshop di Jawa Timur.
  3. Mencari beberapa artikel tentang android programing, dan Windows Phone Programing.
  4. Mempraktikkan membuat aplikasi sederhana.
  5.  Melakukan posting pada blog.





Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan :
  1. Ke-14 – Video tentang cara membuat aplikasi pemrograman Windows Phone.
Pada video tahap perkuliahan ini saya membuat 2 aplikasi Windows Phone yaitu Chord Guitar Voices dan Katalog tentang kisah Mahabarata.

Pada video pembuatan aplikasi Chord Guitar Voices terdapat beberapa widget button sebagai pilihan kort yang bergambar dan media element sebagai player untuk memainkan suara. Pada aplikasi ini ketika melakukan seleksi pada beberapa button maka akan keluar bunyi kort gitar.


Pada video pembuatan aplikasi katalog tentang kisah pewayangan jawa Mahabarata ini terdapat pilihan menu yaitu :
1.     Cerita.
Pada menu cerita setelah melakukan seleksi pada menu ini maka akan muncul cerita tentang kisah pandawa dan kurawa.
2.     Pandawa.
Pada menu pandawa setelah melakukan seleksi pada menu ini maka akan muncul pilihan menu tentang keluarga pandawa dimana pada pilihan ini ketika kita menyeleksi salah satunya maka akan muncul tampilan detail dari pada tokoh tersebut
3.     Kurawa
Pada menu kurawa setelah melakukan seleksi pada menu ini maka akan muncul pilihan menu tentang keluarga kurawa dimana pada pilihan ini ketika kita menyeleksi salah satunya maka akan muncul tampilan detail dari pada tokoh tersebut



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
  1. Screenshots video membuat aplikasi Windows Phone Chord Guitar Voices
 Gambar 1 : Tampilan source code aplikasi Voice Chord Guitar
Gambar 2 : Tampilan Aplikasi Voice Chord Guitar


  1. Screenshots video membuat aplikasi Windows Phone Katalog Kisah Pewayangan Mahabarata
Gambar 3 : Tampilan source code aplikasi Katalog Kisah Pewayangan Mahabarata

Gambar 4 : Tampilan menu awal aplikasi Katalog Kisah Pewayangan Mahabarata


Gambar 3 : Tampilan dafta menu pada aplikasi Katalog Kisah Pewayangan Mahabarata


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Pada video tahap perkuliahan ini dapat saya uraikan dari beberapa kategori yang mana pada kategori pertama adalah tentang cara membuat aplikasi Chord Guitar Voices dan yang kedua adalah tentang cara membuat aplikasi katalog tentang kisah pewayangan mahabarata(Pandawa dan Kurawa).

Pada aplikasi pertama sebelum kita membuat aplikasi ini kita harus menyiapkan beberapa gambar dan suara untuk kort gitar, kemudian kita pasang media element sebagai player untuk pemutar suara, kemudian memasang beberapa button pada layout xaml dan menambahkan background dengan gambar kort gitar agar tampilan menarik.

Pada aplikasi kedua juga sama kita harus menyiapkan beberapa content yang akan kita masukkan pada aplikasi katalog kita, pada aplikasi ini saya membuat untuk pilihan pandawa dan kurawa mennggunakan List Menu, jadi tentunya kita harus memasang sebuah ListBox ke dalam layout file xaml.









Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Video tentang cara membuat aplikasi windows phone.
1.     Aplikasi Chord Guitar Voices
2.       Aplikasi Katalog Kisah Pewayangan Mahabarata (Pandawa dan Kurawa)
Part 1 (Membuat menu cerita) : http://youtu.be/XBtZ6XNA7B4
Part 2 (Membuat menu pandawa ): http://youtu.be/-PrtKvJJ4js
Part 3 (Membuat menu kurawa) : http://youtu.be/MzMZ1QhfsSo










Tugas Tahap Perkuliahan Ke 28 - Membuat Aplikasi GUI dengan Bahasa Pemrograman Java (Konversi Suhu)

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Bima Laksana Putra
No. Registrasi
:
1111061302
Alamat email
:
Werkudara94@gmail.com
Opsi
:
TKJ (Rekayasa Perangkat Lunak / RPL)
Tahap Perkuliahan ke-
:
27
USBJJ
:
Seamolec

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Membuat video aplikasi sederhana java GUI dengan judul alat konversi suhu.
  2. Membuat Laporan aktivitas belajar.
  3. Mempelajari tutorial bahasa pemrograman JAVA.
  4. Mencoba untuk membuat program sederhana dengan bahasa pemrograman JAVA.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Membuat program sederhana dengan bahasa pemrograman JAVA.
  2. Mempelajari tutorial bahasa pemrograman JAVA.
  3. Mengerjakan Simulasi Digital.
  4. Melakukan posting pada blog.
  5. Mempelajari MIT AppInventor.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan :
Ke-26 – Membuat video aplikasi sederhana java GUI dengan judul alat konversi suhu.

Dalam menyelesaikan video pembuatan aplikasi sederhana tentang alat konversi suhu dapat dikerjakan dengan memasukkan rumus – rumus berikut ke dalam sistem pemrograman.

Celcius ke Fahrenheit = (9/5 X celcius) + 32
Celcius ke Reamur = 4/5 X Celcius

Fahrenheit ke Celcius = 5/9 X (Fahrenheit - 32)
Fahrenheit le Reamur = 4/9 X (Fahrenheit - 32)

Reamur ke Celcius = 5/4 X Reamur
Reamur ke Fahrenheit = (9/4 X Reamur) + 32



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Screenshots video dokumentasi tentang menjelaskan struktur array dalam pemrograman Java
 Gambar Kode pembuatan aplikasi GUI (Konversi Suhu).

Gambar Aplikasi alat konversi suhu dibuat dalam pemrograman Java.




Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Pada video ini berisi tentang menjelaskan proses pembuatan aplikasi Java GUI dengan kosep aplikasi Koversi Suhu.
Menggunakan aplikasi netbeans sebagai editor untuk membuat aplikasi sederhana menghitung nilai siswa.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Video tentang menjelaskan proses pembuatan aplikasi Java GUI dengan kosep aplikasi Koversi Suhu.