Jumat, 22 Maret 2013

Tugas Tahap Perkuliahan Ke 6 - Dasar - Dasar Pemrograman C# Berbasis Console



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Bima Laksana Putra
No. Registrasi
:
1111061302
Alamat email
:
Werkudara94@gmail.com
Opsi
:
TKJ (Rekayasa Perangkat Lunak / RPL)
Tahap Perkuliahan ke-
:
6
USBJJ
:
Seamolec

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Membuat video mengenai dasar – dasar bahasa pemrograman C#.
  2. Belajar melakukan instalasi software Microsoft Visual Studio 2010.
  3. Membuat Laporan aktivitas belajar.
  4. Belajar beberapa tutorial mengenai pemrograman C#.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Melanjutkan beberapa project android.
  2. Membuat video tentang Interface Android.
  3. Membuat video tentang dasar – dasar bahasa pemrograman C#.
  4. Melakukan posting pada blog.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Keterbatasan Internet, sulit untuk melakukan posting blog.
·         Kurangnya materi – materi yang di peroleh mahasiswa.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan :
         Ke-6 – Video mengenai dasar – dasar bahasa pemrogaman C#.
·      Berdasarkan dari ebook yang saya peroleh dari internet, saya dapat mempelajari dengan baik mengenai dasar – dasar pemrograman C#, dan dapat memberikan wawasan untuk para  pemula.
·      Dengan beberapa tutorial yang saya peroleh, yaitu tentang pengertian bahasa pemrogaman C#, console, variable, tipe data, dll saya dapat meyimpulkan bahwa pengertian tersebut seperti console, variable, tipe data, itu hampir sama dengan penggunaan bahasa pemrogaman yang lainnya misal, Java atau C++. Hanya saja yang membedakan yaitu bahasa pemrogamannya yaitu C#, bahasa pemrogrman C# ini menurut saya bahasa pemrograman tingkat lanjut atau bisa dibilang perkembangan daripada bahasa pemrogaman C.
·      Dengan melakukan pembuatan video mengenai dasar – dasar pemrograman C# saya dapat belajar langsung dan mempraktekan langkah – langkah apa saja yang harus dilakukan dalam pembuatan project Aplikasi Console.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
  1. Screenshots video Mengenai bahasa Pemrogaman C#.
 Gambar 1.
Gambar 2





        
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Pada video tentang dasar – dasar pemrograman C# ini dapat di uraikan bahwa pemrograman C# ini adalah bahasa pemrograman tingkat lanjut dibanding dengan bahasa C, yang mana pada simbol (#) menandakan bahwa C# memiliki 4 simbol (+), dengan kata lain bahasa pemrogaman C# ini adalah kembangan daripada bahasa C saja.
Kemudian pada video ini berisi tentang pembuatan project dengan versi Console Aplication(Aplikasi Konsol) yaitu baris perintah yang berorientasi aplikasi yang memungkinkan kita untuk membaca karakter dari konsol dan akan dijalankan pada DOS, seperti Command Prompt.
Selanjutnya dalam video ini juga meceritakan variable dan tipe data, yang mana variable adalah sebuah alokasi memori yang mana tersimpan dalam memori komputer yang memiliki suatu tipe data, sedangkan tipe data memiliki nama – nama seperti byte yaitu untuk menyatakan bilangan dengan nilai range, int yaitu tipe data bilangan dengan kapasitas 4 byte, string yaitu tipe data yang menyimpan kumpulan unicode, bool yaitu untuk menyimpan 2 nilai true(benar) dan false(salah).

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Link video mengenai dasar – dasar bahasa pemrograman C#.
http://youtu.be/547b60GrdoY



Tidak ada komentar:

Posting Komentar