Minggu, 10 November 2013

Tuga perkuliahan Tahap 10 - Nova susanto

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
NOVA SUSANTO
No. Registrasi
:
1111061308
Alamat email
:
novanavin1@gmail.com
Opsi
:
TKJ (Rekayasa Perangkat Lunak / RPL)
Tahap Perkuliahan ke-
:
10
USBJJ
:
Seamolec

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
1.              Membuat video tentang pemrograman aplikasi android.
2.              Membuat Laporan aktivitas belajar.
3.              Belajar membuat project aplikasi android.
4.              Belajar tentang artikel – artikel pemrograman android.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
1.              Membuat beberapa project android.
2.              Membantu membuat website berbasis databases PhpMyAdmin.
3.               Melakukan posting pada blog.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Keterbatasan Internet sulit untuk melakukan upload video, dan posting blog.

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan :
5.              Ke-10 – Membuat video tentang pemrograman aplikasi android.
·              Pada dasarnya Pemrograman Android ini berbasis Java, jadi saya bebas untuk membuat aplikasi atau mengembangkan aplikasi ini secara gratis.
·             Pada tahap perkuliahan ini yaitu pemrograman aplikasi android, saya dapat mengenal apa software Eclipse, Emulator, dan Project Android.
·             Kemudian dengan membaca beberapa artikel dan melihat video tentang perkuliahan tahap ke 10 ini saya dapat memahami :
1.     Basic Pemrograman Android.
Yaitu memahami dari artikel tentang pengertian – pengertian yang terdapat pada Project Android, seperti class, R, layout, manifest, dll
2.     Menjelaskan tentang layout.
Saya memahami bahwa layout adalah tampilan dari aplikasi yang akan kita buat, dan layout sendiri terbagi menjadi beberapa layout yang masing – masing layout memiliki fungsi sendiri.
3.     Widget.
Setelah memahami artikel tentang widget android, widget sendiri bisa dipasang pada Activity.class, maupun main.xml. Contoh beberapa widget yang saya pahami : TextView(Untuk menampilkan Text), Button(Untuk menampilkan tombol yang berfungsi sebagai eksekutor), RadioButton(Pilihan), dll.

    



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
1.              Screenshots video Membuat video tentang pemrograman aplikasi android.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhyJ6ZUi-TOcoyyfdiStT8M3XTwVkTqv_JkrZglwQzfQRVFuNJq1TsI84ye4zijpCaJjzuDyRZ2-0kVgoWvU5kom0F-4qdNIz5Ky0wUhPR5jigIGnHQuZqY9D5lL7SBnRvZAYjmK-YvuVo/s1600/1.png
Gambar : Membuat Project Baru.

Description: Mac:Users:Zhen:Desktop:Screen shot 2013-07-02 at 11.56.49 AM.pngDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnGYE05WlZeW24gQLe32OmNZeRGc2S6Xi4u20kE0s50PtjMvPGPsu4GKh1rIWjICimBbbcWayeQ4TZe2OM-olPkG0c3OtsvQzPPSdyWgdhLXNyYU3phu97za_1aVy79IiPnnwbhjMuun0/s320/2.png
Gambar : gambar layout main.xml.
Description: Mac:Users:Zhen:Desktop:Screen shot 2013-07-02 at 11.56.57 AM.png
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcLvayD6ZyA0bLP04oqdfJfE7WFwuknU9FzHIrVS6JnF_Xb_7AjIBLVfd6fEetZzX26_kgeqRXnW4o1joPZqCF451FMmLUnmmW92nbYFzu7BZE_j8b_RABbqowZNebz7p0Jg4PRkE8W2s/s320/3.png
 Gambar : Tampilan Project pada emulator.

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.Description: Mac:Users:Zhen:Desktop:Screen shot 2013-07-02 at 11.57.21 AM.png


Pada video tentang pemrograman aplikasi android ini saya dapat menjelaskan langkah – langkah pembuatan project aplikasi Belajar Android :

1.     Membuat Project Baru.
Pertama – tama membuka aplikasi Eclipse, kemudian klik File pada Menu Bar, lalu pilih New, selanjutnya pilih android aplication project, selanjutnya memberi nama pada aplikasi kita, kemudian ikon aplikasi android kita, dan yang terakhir memberi nama pada class dan layout.

2.     Menjelaskan tentang Layout.
layout adalah tampilan dari aplikasi yang akan kita buat, dan layout sendiri terbagi menjadi beberapa layout yang masing – masing layout memiliki fungsi sendiri, contohnya : LinearLayout, RelativeLayout, TableLayout, dll.

3.     Memasang Widget
Pada video ini saya menjelaskan cara masang widget dengan 2 cara, yaitu melakukan pengkodean pada main.xml, dan melakukan penambahan melalui palette pada Graphic Layout




Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Video tentang pemrograman aplikasi android.
 http://youtu.be/sPRgMpTkiJE


Tidak ada komentar:

Posting Komentar