Rabu, 01 Mei 2013

Tugas Tahap Perkuliahan Ke - 11 Membuat Aplikasi Sederhana (Voices Guitar Chords)



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Bima Laksana Putra
No. Registrasi
:
1111061302
Alamat email
:
Werkudara94@gmail.com
Opsi
:
TKJ (Rekayasa Perangkat Lunak / RPL)
Tahap Perkuliahan ke-
:
11
USBJJ
:
Seamolec

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Membuat video tentang membuat aplikasi sederhana android.
  2. Membuat Laporan aktivitas belajar.
  3. Memahami dasar – dasar pemrograman android.
  4. Mempelajari tutorial project android programing.
  5. Membuat aplikasi android.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
  1. Membuat beberapa project android.
  2. Mencari beberapa artikel tentang android programing.
  3. Mempraktikkan membuat aplikasi sederhana.
  4. Melakukan posting pada blog.
  5. Membuat aplikasi android bahasa daerah di Indonesia.
  6. Melakukan kegiatan workshop selama 2 hari di Cianjur.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Keterbatasan Internet sulit untuk melakukan download video, upload video, dan posting blog.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan :
  1. Ke-11 – Video tentang membuat aplikasi sederhana android.
·         Konsep Widget.
Android widget sudah kita implementasikan sedikit pada bagian Android Widget ini akan kita jelaskan lebih detail mengenai komponen-komponen yang terdapat pada Android Widget. Pada dasarnya paket widget merupakan visualisasi dari elemen User Interfaces (UI) yang digunakan pada layar aplikasi Android dimana kita dapat merancang sendiri sesuai kebutuhan kita
·         Layout.
Pada dasar Layout terbagi menjadi beberapa layout misal : Linear Layout(Vertical), Linear Layout(Horizontal), Relative Layout, Table Layout, Grid Layout, dll. Dimana setiap layout memiliki fungsi sendiri.
Layout adalah sebuah layar pada aplikasi android yang kita buat, dan setiap layout selalu kosong (Blank Screen), dan kita bisa merubah tampilan layout ini dengan cara memasukkan gambar sebagai background atau menggunakan costum layout pada xml file.
·             Pada tugas tahap perkuliahan ke 11 ini saya memasukkan widget Button, widget ini berfungsi menampilkan tombol yang dapat di tekan atau di klik oleh pengguna, yang mana button ini juga bisa diganti dengan gambar yang kita inginkan, yaitu pada xml file perlu di tambahkan code Button : android:background = “@drawable/nama file”
·         Media Player
    Salah satu fungsi pada smartphone dan tablet pc android adalah sebagai permutar media yang mobile yang sangat digemari oleh pengguna, baik untuk memutar lagu, maupun memutar video.
    Untuk membuat aplikasi android yang dapat memutar media kita perlu memyiapkan beberapa tombol untuk tombol play, pause, dan stop. Kemudian kita juga memerlukan import media player agar memainkan media di smartphone android, kode untuk import tersebut adalah : import android.media.MediaPlayer;    
    


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
  1. Screenshots video proses pembuatan aplikasi sederhana android
 Gambar 1: Melakukan pengkodean pada file GuitarActivity.java.


Gambar 2: Bentuk aplikasi Voices Guitar Chords.





Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.


Pada video tentang membuat aplikasi sederhana ini yaitu berjudul Voices Guitar Chords, yang mana aplikasi ini akan membunyikan suara gitar ketika kita mengklik tombol gambar pada setiap tombol yang telah disediakan. Nah dapat saya uraikan bagaimana proses pembuatan aplikasi ini yaitu :
1.       Mempersiapkan beberapa file untuk membuat aplikasi, yaitu gambar kord gitar untuk menggantikan tombol(Button), dan suara kord gitar agar ketika kita mengklik tombol suara akan muncul.
2.       Setelah semua tersedia, selanjut copy semua gambar kedalam folder “drawable-mdpi”, kemuadian kita buat folder baru pada folder “res” dengan nama “raw”, setelah itu copy semua file audio kedalam folder raw.
3.       Membuat project baru kemudian pada main.xml kita rubah backgroundnya dengan memasukkan kode android:background=@drawable/nama file background”, setelah kita masukkan sebuah ScrollView di dalamnya agar kita dapat menggeser layout ketika layout penuh.
4.       Memasukkan beberapa button kedalam LinerLayout yang terdapat pada ScrollView, selannjutnya memasukkan kode android:background=@drawable/nama file kord gitar” pada syntaks <Button /> agar tampilan button berubah menjadi gambar kord gitar,
5.       Memasukkan kode – kode pemrogaramn java pada file Activity.class dengan kode yang terdapat paga Gambar 1, dan bisa dilihat juga pada video pembuatan aplikasi sederhana.


Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Video tentang instalasi Eclipse beserta pluginnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar