Rabu, 16 Januari 2013

Tahap Perkuliahan Ke - 1(a) - Faisal Amin



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
FAISAL AMIN
No. Registrasi
:
1111051304
Alamat email
:
faisalamin910@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak(RPL)
Tahap
Perkuliahan ke-
:
1(a) - 1(c)
USBJJ
:
SEAMOLEC




Aktivitas Belajar Mandiri 

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.

Tahap Perkuliahan Ke-1 (a) Pada Tahap ini, Merupakan materi dasar perkuliahan dan mengakses melalui http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id, registrasi via email, serta mendownload dokumen atau materi yang diperlukan, materi yang diberikan adalah PEMBENTUKAN MOTIVASI DAN KARAKTER PESERTA PROGRAM D1.


Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan 1 (a) Mahasiswa diberikan hak akses pada menu elearning dan dapat mengunduh materi dasar, Perkuliahan dilakukan pada waktu yang telah ditentukan. 


Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
• Kurang memahami tugas yang diberikan



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Rangkuman materi perkuliahan ke 1 (a)

1. Temukan Makna yang sangat berarti sebagai motivasi
  1. Carilah 5 makna (arti penting) mengikuti program D1 ITB.
  2. Buatlah penilaian 5 makna tersebut dari yang paling bermakna sampai yang paling kecil maknanya.


    Jawaban:

    1. - menjadi lebih pandai

        - mencari yang tidak tahu
        - menjadi kepribadian yang lebih baik
        - membangkitkan semangat selama kuliah
        - mencari pengalaman

    2 -
    membangkitkan semangat selama kuliah
       - mencari yang tidak tahu
       - menjadi lebih pandai
       - mencari pengalaman
       - menjadi kepribadian yang lebih baik
2. Tulis Kegiatan Generik Harian Saat ini
Sebelum mengikuti program D1 ITB setiap peserta pasti memiliki kegiatan harian.Tulis kegiatan harian tersebut, sesuai yang dilakukan sehari-hari. Tidak perlu sama untuk setiap peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain.

Jawaban:

22.30 – 04.45
Tidur malam dan bangun tidur
 04.45-06.00
 mandi dan sholat, baca buku
06.00-07.00
sarapan
07.00-12.00
belajar tentang komputer
12.00-13.00
selesai belajar dan makan siang
13.00-17.30
menonton tv
17.30-19.30
 istirahat, mandi, shalat magrib
19.30-22.30
 membaca buku tentang java dan Kembali tidur
3. Tulis Kegiatan Generik Harian IDEAL
 Dari kegiatan generik harian yang ideal, buatlah rencana kegiatan generik harian IDEAl yang sesuai dengan peserta.
  • Tidak perlu sama untuk setiap peserta.
  • Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain.
  • Yang terpenting, dapat mengalokasikan waktu yang cukup untuk belajar dan mampu dilakukan peserta secara konsisten setiap hari.

    Jawaban:

    22.00 – 04.30
    Tidur malam dan bangun tidur
     04.30 - 05.15
    mandi dan sholat
    05.15-06.00
    olahraga, sarapan dan belajar
    07.00-12.00
     belajar dan makan siang
    12.00-15.10
    selesai belajar dan membuat postingan
    15.10-18.30
    bermain dan istirahat
    18.30-19.00
    mandi dan makan
    19.00-22.00
    menonton dan kembali tidur 
4. Rancanglah Cara Belajar Mandiri
  1. Tuliskan tahapan/cara belajar yang selama ini dilakukan.
  2. Buatlah Cara Belajar Mandiri berdasarkan contoh Tahapan Belajar yang generik (lakukan tiap tahap secara disiplin).

  • Variasikan cara belajar sesuai pribadi masing-masing (dengan musik, di alam, diskusi dengan teman, membaca di perpustakaan, dsb) agar seluruh instrumen belajar (pendengaran, penglihatan, hati, pikiran) semuanya menjadi aktif .
  • Pastikan motivasi dan rasa ingin tahu semakin besar dengan bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan. 
Jawaban:
1. Membaca buku dan bertanya pada yang lebih pintar
2. Cara Belajar Mandiri berdasarkan contoh Tahapan Belajar, sebagai berikut:

a) Fase Identifikasi
Jaringan Komputer
Tujuan: mengetahui alasan jaringan komputer
b) Fase mengakses (Invite)
Apa yang sudah saya pahami tentang jaringan komputer ?
  menginstal dan koneksi jaringan peer to peer


c)Fase menyelidiki (Eksplorasi)
 Apa pengetahuanku selama ini sudah benar?
benar
Kalau sudah benar, apa lagi yang perlu kupelajari tentang komputer?
masih banyak misalkan java,  website/blog, dan pemrograman lainnya..
Apa yang dapat kupelajari dari materi ini?
kesiapan untuk belajar
Menonton video materi untuk mengetahui alurnya, mempraktekkannya, buku acuan dan diulang berkali-kali
sambil diskusi sampai paham.


d)Fase menjelaskan (Explain)
 Pengetahuan : objek & relasi
Ulangilah kembali proses pemahaman pengetahuan yang lama dan baru, serta
relasinya, sebanyak mungkin yang dapat dilakukan.
 e)Fase merinci (Elaborate)
 Kira-kira pengetahuan ini dapat digunakan untuk apa?
mungkinkah untuk membuat ini?
f)Fase menilai (Evaluasi)
Apakah pengetahuan yang lama masih diingat?
sedikit ingat,
Apakah pengetahuan yang baru telah dipahami benar?
belum terlalu
Apakah pengetahuan yang lama dan baru telah terkait?
ya,terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar