Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
|
:
|
FAISAL
AMIN
|
No. Registrasi
|
:
|
1111051304
|
Alamat email
|
:
|
faisalamin910@gmail.com
|
Opsi
|
:
|
Sistem
Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak(RPL)
|
Tahap
Perkuliahan ke-
|
:
|
1(a)
- 1(c)
|
USBJJ
|
:
|
SEAMOLEC
|
Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin
saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap
Perkuliahan Ke-1 (a) Pada Tahap ini, Merupakan
materi dasar perkuliahan dan mengakses melalui
http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id, registrasi via email, serta mendownload
dokumen atau materi yang diperlukan, materi yang diberikan adalah PEMBENTUKAN
MOTIVASI DAN KARAKTER PESERTA PROGRAM D1.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ
selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan 1 (a) Mahasiswa
diberikan hak akses pada menu elearning dan dapat mengunduh materi dasar,
Perkuliahan dilakukan pada waktu yang telah ditentukan.
Kolom di bawah ini berisi
kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
• Kurang memahami tugas yang
diberikan
Rangkuman
Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi
perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Rangkuman materi perkuliahan ke 1
(a)
1. Temukan Makna yang sangat berarti
sebagai motivasi
- Carilah 5 makna (arti penting) mengikuti program D1 ITB.
- Buatlah penilaian 5 makna tersebut dari
yang paling bermakna sampai yang paling kecil maknanya.
Jawaban:
1. - menjadi lebih pandai
- mencari yang tidak tahu
- menjadi kepribadian yang lebih baik
- membangkitkan semangat selama kuliah
- mencari pengalaman
2 - membangkitkan semangat selama kuliah
- mencari yang tidak tahu
- menjadi lebih pandai
- mencari pengalaman
- menjadi kepribadian yang lebih baik
2. Tulis Kegiatan Generik Harian
Saat ini
Sebelum mengikuti program
D1 ITB setiap peserta pasti memiliki kegiatan harian.Tulis kegiatan harian
tersebut, sesuai yang dilakukan sehari-hari. Tidak perlu sama untuk setiap
peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain.
Jawaban:
22.30 – 04.45
Tidur malam dan bangun tidur
04.45-06.00
mandi dan sholat, baca buku
06.00-07.00
sarapan
07.00-12.00
belajar tentang komputer
12.00-13.00
selesai belajar dan makan siang
13.00-17.30
menonton tv
17.30-19.30
istirahat, mandi, shalat
magrib
19.30-22.30
membaca buku tentang java dan
Kembali tidur
3. Tulis Kegiatan Generik Harian
IDEAL
Dari kegiatan generik harian yang ideal, buatlah rencana kegiatan
generik harian IDEAl yang sesuai dengan peserta.
- Tidak perlu sama untuk setiap peserta.
- Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain.
- Yang terpenting, dapat mengalokasikan waktu yang cukup untuk
belajar dan mampu dilakukan peserta secara konsisten setiap hari.
Jawaban:
22.00 – 04.30
Tidur malam dan bangun tidur
04.30 - 05.15
mandi dan sholat
05.15-06.00
olahraga, sarapan dan belajar
07.00-12.00
belajar dan makan siang
12.00-15.10
selesai belajar dan membuat postingan
15.10-18.30
bermain dan istirahat
18.30-19.00
mandi dan makan
19.00-22.00
menonton dan kembali tidur
4. Rancanglah Cara Belajar Mandiri
- Tuliskan tahapan/cara belajar yang selama ini dilakukan.
- Buatlah Cara Belajar Mandiri berdasarkan contoh Tahapan Belajar yang generik (lakukan tiap tahap secara disiplin).
- Variasikan cara belajar sesuai pribadi masing-masing (dengan musik, di alam, diskusi dengan teman, membaca di perpustakaan, dsb) agar seluruh instrumen belajar (pendengaran, penglihatan, hati, pikiran) semuanya menjadi aktif .
- Pastikan motivasi dan rasa ingin tahu semakin besar dengan bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan.
Jawaban:
1. Membaca buku dan
bertanya pada yang lebih pintar
2. Cara Belajar Mandiri berdasarkan contoh Tahapan Belajar, sebagai
berikut:
a) Fase Identifikasi
Jaringan Komputer
Tujuan: mengetahui alasan jaringan komputer
Tujuan: mengetahui alasan jaringan komputer
b) Fase mengakses
(Invite)
Apa yang sudah saya
pahami tentang jaringan komputer ?
menginstal
dan koneksi jaringan peer to peer
c)Fase menyelidiki
(Eksplorasi)
Apa pengetahuanku
selama ini sudah benar?
benar
Kalau sudah benar, apa lagi yang perlu kupelajari tentang komputer?
Kalau sudah benar, apa lagi yang perlu kupelajari tentang komputer?
masih banyak misalkan
java, website/blog, dan pemrograman lainnya..
Apa yang dapat kupelajari dari materi ini?
Apa yang dapat kupelajari dari materi ini?
kesiapan untuk belajar
Menonton video materi
untuk mengetahui alurnya, mempraktekkannya, buku acuan dan diulang berkali-kali
sambil diskusi sampai paham.
sambil diskusi sampai paham.
d)Fase menjelaskan
(Explain)
Pengetahuan :
objek & relasi
Ulangilah kembali proses pemahaman pengetahuan yang lama dan baru, serta
relasinya, sebanyak mungkin yang dapat dilakukan.
Ulangilah kembali proses pemahaman pengetahuan yang lama dan baru, serta
relasinya, sebanyak mungkin yang dapat dilakukan.
e)Fase merinci
(Elaborate)
Kira-kira
pengetahuan ini dapat digunakan untuk apa?
mungkinkah untuk membuat
ini?
f)Fase menilai
(Evaluasi)
Apakah pengetahuan yang
lama masih diingat?
sedikit ingat,
Apakah pengetahuan yang baru telah dipahami benar?
Apakah pengetahuan yang baru telah dipahami benar?
belum terlalu
Apakah pengetahuan yang lama dan baru telah terkait?
Apakah pengetahuan yang lama dan baru telah terkait?
ya,terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar